-->

Wednesday 13 June 2018


Pendataan Standar Pelayanan Minimal untuk

Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah



Umum


1.     Gunakan hanya huruf besar untuk menulis teks (contoh: JAWA TIMUR, bukan Jawa Timur)
2.     Semua angka harus ditulis dengan format rata kanan (text right align), contoh: menulis “23”

2
3
3.     Tulislah yang mudah terbaca. Pastikan semua huruf dan angka ditulis baik agar memudahkan para ‘data entry’ mengetik secara baik dan benar.

A.   Halaman Judul

Perlu diketahui bahwa sebagian besar informasi dapat diperoleh dari data yang ada di lembaran sekolah sampel dan/atau dari data yang seharusnya ada di kantor Dinas Pendidikan atau Kantor Menteri Agama.  Di mana mungkin informasi ini harusnya diisi sebelum ke lapangan dan dikonfirmasi waktu wawancara.
Provinsi :
Tulis nama provinsi dan isi kode BPS dari lembaran kode.
Kabupaten/Kota :
Tulis nama kabupaten/kota dan isi kode BPS dari lembaran kode
Kecamatan  :
Tulis nama Kecamatan
Desa/Kelurahan :
Tulis nama Desa/Kelurahan
Daerah Terpencil :
Isi kode 1 kalau sekolah berada di daerah terpencil, kalau tidak isi kode 3.
Nama Sekolah/Madrasah :
Tulis nama Sekolah/Madrasah
Status Sekolah/ Madrasah :
Isi kode sesuai berdasarkan lembaran sampel sekolah dari catatan kantor dinas/kementerian kabupaten/kota
NPSN :
Isi NPSN 8 digit untuk Sekolah/Madrasah. PASTIKAN KODE INI DIISI DIATAS SETIAP LEMBAR KUESIONER SEBELUM MULAI WAWANCARA.  
Alamat :
Tulis alamat lengkap Sekolah/Madrasah
Nama Kepala Sekolah :
Tulis nama Kepala Sekolah/Madrasah
Nomor HP/Telepon :
Tulis nomor Telepon/HP Sekolah/Madrassah/Kepala Sekolah
Jabatan Responden :
Isi kode untuk RESPONDEN UTAMA, walaupun ada orang lain yang membantu selama wawancara. INGAT BAHWA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH yang seharusnya menjadi responden.
Nama Pewawancara :
Tulis nama pewawancara.
Tanggal Wawancara :
Isi tanggal (tanggal, bulan, tahun) wawancara
Nama Pemeriksa :
Tulis nama Pemeriksa kuesioner.
Tanggal Pemeriksaan Kuesioner :
Isi tanggal (tanggal, bulan, tahun) pemeriksaan kuesioner

B.   Kuesioner Utama

Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
1
Jumlah Siswa (laki-laki + perempuan) Menurut Kelas dan Rombel (A-E)

a.    Pertanyaan dimaksudkan untuk memperoleh data jumlah siswa (baik laki-laki maupun perempuan) yang terdapat dalam Rombel (Rombongan Belajar) pada kelas 1 hingga kelas 6.
b.    Isilah jumlah siswa pada tiap Rombel di kelas masing-masing pada 2 digit kotak yang disediakan  ( SD/MI )
c.    Disediakan pula isian untuk a. Pagi dan b. Siang, untuk Sekolah yang dibagi dalam 2 kelompok pembelajaran Kelas Pagi dan Kelas Siang. Jika tidak membuka Kelas Siang, maka tidak perlu mengisi bagian b. Siang (SD/MI dan SMP/Mts)
d.    Isi Kolom Jumlah dengan menjumlahkan siswa dalam Rombel di masing-masing kelas.(SD/MI)


Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
2
Jumlah Siswa di Sekolah/ Madrasah

a.  Pertanyaan ini dimaksudkan untuk memperoleh data siswa laki-laki dan perempuan untuk setiap kelas.
b.   Catat jumlah siswa laki-laki dan perempuan untuk masing-masing kelas.
c.   Untuk kolom Jumlah, isi total jumlah siswa laki-laki + perempuan per kelas.
3
Ruang Kelas

a.     Pertanyaan 3 dimaksudkan untuk mengetahui kualitas fisik sekolah
b.     Catat jumlah ruang kelas untuk setiap tingkat kelas dalam keadaan Baik, Rusak Ringan, Rusak Sedang, atau Rusak Berat, dan Jumlah Ruang Kelas  (Pewawancara lihat keadaan ruang kelas)
4
Perlengkapan Ruang Kelas
a.     Jumlah Kapasitas Meja dalam Kondisi yang Baik untuk Siswa dan Guru di Kelas menurut Ruang Kelas
b.     Jumlah Kapasitas Kursi dalam Kondisi yang Baik untuk Siswa dan Guru di Kelas menurut Ruang Kelas
c.     Jumlah Papan Tulis untuk Setiap Ruang Kelas

a.    Pertanyaan 4a dimaksudkan untuk mendata jumlah meja dalam keadaan baik/layak pakai di setiap ruang kelas.
Catat jumlah meja dalam keadaan baik/layak pakai yang ada di setiap ruang kelas (A-E), dan di kolom terakhir, jumlahkan menurut kelas. (Pewawancara lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)
b.    Pertanyaan 4b dimaksudkan untuk mendata jumlah kursi dalam keadaan baik/layak pakai di setiap ruang kelas.
Catat jumlah kursi dalam keadaan baik/layak pakai yang ada di setiap ruang kelas (A-E), dan di kolom terakhir, jumlahkan menurut kelas . (Pewawancara lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)
c.    Pertanyaan 4c dimaksudkan untuk mendata jumlah papan tulis
Catat jumlah papan tulis per kelas dan di kolom terakhir jumlahkan menurut Kelas. (Pewawancara lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)



Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
5
Jumlah Pendidik & Tenaga Kependidikan.
a.   Jumlah Guru
b.    Guru Kelas menurut Status dan Kualifikasi
c.    Guru Mata Pelajaran menurut Status dan Kualifikasi
d.    Kepala Sekolah/Madrasah menurut Kualifikasi.
e.    Jumlah Tenaga Kependidikan lainnya.

a.    Tulis nama dan status (Guru Tetap PNS (PNS), Guru Tetap Yayasan (GTY) atau Guru Tidak Tetap (GTT) di Lampiran 1
b.    Catat jumlah guru di Pertanyaan 5a sesuai keterangan :
i.           Jumlah Guru Kelas (Kalau Kepala Sekolah mengajar maka dia dihitung sebagai Guru Kelas)
ii.          Jumlah Guru Mata Pelajaran (Guru mata pelajaran termasuk guru bidang agama, oleh raga dan lain lain)
iii.         Jumlah Guru (merupakan penjumlahan Guru Kelas + Guru Mata Pelajaran)
c.    Catat jumlah Guru Kelas menurut Status Guru dan Kualifikasi Akademik, Yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah Guru Kelas di Pertanyaan 5b.
-    Di setiap kolom, Guru Kelas dibedakan menurut status: (i) Guru Tetap PNS; (ii) Guru Tetap Yayasan; atau (iii) Guru Tidak Tetap/Honorer.
-    Untuk setiap status, catat jumlah Guru Kelas berkualifikasi S1/D-IV atau lebih, jumlah guru yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah Guru kelas
d.    Catat jumlah Guru Mata Pelajaran menurut Status Guru dan Kualifikasi Akademik, Yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah Guru Kelas di Pertanyaan 5c.
-    Di setiap kolom, Guru Mata Pelajaran dibedakan menurut status: (i) Guru Tetap PNS; (ii) Guru Tetap Yayasan; atau (iii) Guru Tidak Tetap/Honorer.
-    Untuk setiap status, catat jumlah Guru Mata Pelajaran berkualifikasi S1/D-IV atau lebih, jumlah guru yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah Guru Mata Pelajaran.
e.    Catat kualifkasi Kepala Sekola/Madrassah di Pertanyaan 5d
f.     Catat jumlah Tenaga Kependidikan Lainnya di Pertanyaan 5e. Tenaga kependidikan yang dimaksud adalah Tenaga Administrasi, TU, Karyawan, Petugas Kebersihan, Tenaga Perpustakaan dan Satpam

Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
6
Ruang Guru, Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan Lainnya
a.   Apakah Sekolah/Madrasah Memiliki Ruang untuk Guru, Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan seperti Tenaga Administrasi, TU dan Perpustakaan.
b.  (Jika 6a = tidak) sebutkan ruang yang digunakan
c.   (Kalau 6a = Ya) Berapa jumlah Meja dan Kursi yang ada di Ruang Guru untuk Semua Guru, Kepala Sekolah/Madrasah dan Tenaga Kependidikan?

a.      Pertanyaan 6a dimaksudkan untuk menanyakan ketersediaan ruang guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan lainnya yang TERPISAH dari ruang kelas.
-    Berilah jawaban Ya (1) untuk ketersediaan ruang dan Tidak (3) untuk ketidaktersediaan ruang pada kotak yang disediakan.  
b.      Jika jawaban dari pertanyaan (6a) adalah tidak, sebutkan dalam pertanyaan (6b) ruangan yang digunakan oleh Kepala Sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya.
c.      Catat jumlah meja (6ci) dan jumlah kursi (6cii) yang ada di ruang guru. (Pewawancara lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)
7
Kunjungan oleh Pengawas Sekolah/Madrasah untuk melakukan supervisi dan pembinaan.
a.   Jumlah kunjungan pengawas pada tahun lalu menurut bulan. (Isi tabel)
·        Apakah ada kunjungan setiap bulan tahun lalu? (lihat tabel di atas). Ya = 1, Tidak = 3
b.   Durasi terlama (dalam  jam) kunjungan pengawas sekolah tahun lalu  menurut bulan (Isi tabel)
·        Apakah semua kunjungan sama atau lebih dari tiga jam ? (lihat tabel di atas). Ya=1, Tidak=3

a.      Minta lihat Buku Tamu yang mencatat kunjungan Pengawas Sekolah.
·           Berdasarkan informasi yang ada dalam Buku Tamu tersebut, catat informasi yang diminta: Jumlah kunjungan pengawas pada tahun lalu menurut bulan. Kalau tidak ada Buku Tamu, isi sesuai apa yang diketahui Kepala Sekolah.
·        Bila semua bulan dalam kolom tersebut memperlihatkan minimal 1 kali Pengawas Sekolah melakukan kunjungan, maka isi 1 (Ya), tetapi kalau ada yang kosong, isi 3 (Tidak).
b.      Isi terlama (dalam jam) kunjungan pengawas sekolah untuk setiap bulan di tahun lalu.
·        Bila semua bulan dalam kolom tersebut terisi dengan minimal 3 jam kunjungan, maka dijawab 1 (Ya), jika ada yang kurang dari 3 (jam) isi 3 (Tidak).
Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
8
Jumlah buku teks yang ditetapkan kelayakannya oleh Pemerintah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn yang dimiliki sekolah/madrasah ini.

a.  Untuk setiap kelas catat jumlah buku teks yang ditetapkan kelayakannya oleh Pemerintah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn, yang dimiliki oleh Sekolah/Madrasah.
b.  Pewawancara harus pastikan bahwa buku tersebut dalam keadaan baik untuk dapat digunakan.
9
a.  Apakah ada Buku Referensi/Rujukan (seperti Kamus, dll) atau Buku Pelengkap Pengayaan Pelajaran? (Ya = 1, Tidak = 3)
b.  (Kalau 9a = Ya) Jumlah Judul Buku yang ada :
i.              Jumlah Buku Referensi
ii.            Jumlah Buku Pengayaan

a.  Pertanyaan 9a sudah cukup jelas.
b.  Di Pertanyaan 9bi tuliskan jumlah judul buku referensi yang dimiliki oleh sekolah/madrasah tersebut dalam 3 digit kotak yang disediakan.
c.   Di Pertanyaan 9bii tuliskan jumlah judul buku pengayaan yang dimiliki oleh sekolah tersebut dalam 3 digit kotak yang disediakan.
d.  Yang perlu diingat adalah bahwa yang didata adalah jumlah judul buku, bukan jumlah buku, karena untuk 1 judul bisa jadi sekolah memiliki lebih dari 1 buah buku sebagai persediaan.  (Pewawancara memeriksa daftar jumlah buku dan judul buku kalau ada).
10
Jumlah dan kondisi alat peraga IPA yang dimiliki sekolah/madrasah ini?

a.   Catat jumlah alat peraga IPA yang dimiliki Sekolah/Madrasah tersebut dan klasifikasikan dalam kategori baik dan rusak/tidak terpakai.
b.   Kategori kondisi baik adalah alat peraga yang masih layak dipakai dalam proses pembelajaran, serta kategori rusak adalah alat peraga yang tidak layak dipakai untuk proses pembelajaran. (Pewawancara lihat jumlah dan keadaan alat peraga IPA)




Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
11
Rata-rata jam kerja (60 menit) setiap guru tetap, setiap minggu pada semester lalu (termasuk jam mengajar, menyiapkan, rencana pembelajaran, memeriksa hasil evaluasi, dll.).
a.   Jumlah guru tetap yang bekerja 37,5 jam per minggu.
b.  Jumlah guru tetap yang bekerja < 37,5 jam per minggu.

a.    Catat data untuk SETIAP guru pada Lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru tetap (Status = PNS or GTY) yang bekerja 37,5 jam atau lebih per minggu dan jumlah guru yang bekerja kurang dari 37,5 jam per minggu. Pastikan bahwa jumlahnya sama dengan jumlah guru tetap yang tercatat di pertanyaan 5
b.    Pertanyaan 10i - Catat jumlah guru tetap yang bekerja 37,5 jam/minggu atau lebih.
c.    Pertanyaan 10ii - Catat jumlah guru tetap yang bekerja kurang dari 37,5 jam per minggu.
12
Jumlah minggu mengajar efektif di sekolah/madrasah ini selama setahun lalu? (merujuk pada kalender akademik).

a.    Lihat/Aculah Kalender Akademik yang berlaku di sekolah tsb.
b.   Catat jumlah minggu mengajar efektif di sekolah tersebut dengan perhitungan jumlah minggu dalam setahun kalender akademik, dikurangi waktu liburan atau kegiatan non akademik lainnya.
13
Jumlah jam proses pembelajaran (60 menit) rata-rata setiap kelas per minggu.

a.  Waktu yang menjadi Hak Siswa untuk mendapatkan Layanan Pendidikan di sekolah, diperoleh dengan cara menghitung waktu saat siswa datang ke sekolah sampai saat siswa pulang, dijumlahkan selama seminggu pembelajaran
b.  Indikator standar menurut SPM adalah 18 jam per minggu untuk Kelas 1 dan 2, 24 jam per minggu untuk Kelas 3 dan 27 jam per minggu untuk Kelas 4, 5 dan 6..



Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
14
Apakah sekolah ini sudah menerapkan kurikulum sesuai dengan ketentuan yang berlaku? (Ya = 1, Tidak = 3).

a. Yang dimaksud dengan kurikulum sesuai ketentuan yang berlaku adalah kurikulum tahun 2006 (KTSP). Karena saat ini kemendiknas menunda pemberlakuan kurikulum 2013 (diterapkan pada beberapa sekolah yang telah ditetapkan pemerintah) dan memutuskan kembali kepada kurikulum 2006, maka selama sekolah tersebut menerapkan kurikulum 2006 atau 2013, dapat diisi 1 (Ya).
15
Jumlah guru yang sudah membuat RPP berdasar silabus.

a.  Catat data untuk SETIAP guru pada lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru yang menyusun dan menerapkan RPP. Pastikan angka ini meliputi SEMUA GURU, baik tetap maupun honorer
16
Jumlah guru yang sudah mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik

a.  Catat data untuk SETIAP guru pada Lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru yang sudah mengembangkan program penilaian. Pastikan angka ini meliputi SEMUA GURU, baik tetap maupun honorer.
17
Jumlah guru yang sudah melaporkan hasil evaluasi pembelajaran serta hasil penilaian peserta didik kepada kepala sekolah pada semester lalu.

a.  Catat data untuk SETIAP guru pada Lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru yang sudah melaporkan hasil evaluasi pembelajaran serta hasil penilaian. Pastikan angka ini meliputi SEMUA GURU, baik tetap maupun honorer.
18
Jumlah guru yang disupervisi dan diberi umpan balik sebanyak 2 kali setiap semester oleh kepala sekolah pada semester lalu.

a.   Catat data untuk SETIAP guru pada Lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru yang menerima umpan balik tertulis dari kepala sekolah. Pastikan angka ini meliputi SEMUA GURU, baik tetap maupun honorer.




Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
19
Laporan kepala sekolah hasil Ulangan Akhir Semester (UAS).      
a.   Kepada orang tua peserta didik? (Ya = 1, Tidak = 3).
b.   Kepada Dinas Pendidikan/Kemenag (hanya rekapitulasinya)? (Ya = 1, Tidak = 3).

a.  Pilih kode 1 (Ya) jika laporan hasil UAS di berikan kepada orang tua siswa (Pertanyaan 19a) atau ke Dinas Pendidikan/Kamenag (Pertanyaan 19b).
b.  Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
20
Laporan kepala sekolah hasil Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)     
a.  Kepada orang tua peserta didik? (Ya = 1, Tidak = 3)      
b.  Kepada Dinas Pendidikan/Kemenag (hanya rekapitulasinya)? (Ya = 1, Tidak = 3)

a.   Pilih kode 1 (Ya) jika laporan hasil UKK di berikan kepada orang tua siswa (Pertanyaan 20a) atau ke Dinas Pendidikan/Kamenag (Pertanyaan 20b).
b.   Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
21
Laporan kepala sekolah hasil Ujian Akhir (Ujian Sekolah/Ujian Nasional)
a. Kepada orang tua peserta didik? (Ya = 1, Tidak = 3)
b. Kepada Dinas Pendidikan/Kemenag (hanya rekapitulasinya)? (Ya = 1, Tidak =3)

a.  Pilih kode 1 (Ya) jika laporan hasil Ujian Akhir di berikan kepada orang tua siswa (Pertanyaan 21a) atau ke Dinas Pendidikan/Kamenag (Pertanyaan 21b).
b.  Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
22
Sekolah/madrasah memiliki dokumen Rencana Kerja Tahunan atau Recana Anggaran Sekolah tahun 2013/2014  (Ya = 1, Tidak = 3)

a.  Pilih kode 1 (Ya) jika Sekolah/Madrasah memiliki dokumen Recana Kerja Tahun.
b.  Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia



Pert. No.
PERTANYAAN DAN PANDUAN
23
Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen Laporan Tahunan, tahun lalu (Ya = 1, Tidak = 3)

a.   Pilih Kode 1 (Ya) jika Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen Laporan Tahunan untuk tahun ajaran sebelumnya.
b.   Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
24
Komite Sekolah                                                                                             
a.  Apakah Komite Sekolah sudah ditetapkan? (Ya = 1, Tidak = 3)           
b.  (Kalau 24a = 1) Apakah Komite Sekolah berperan aktif dalam menyampaikan 
i.              Kebijakan Sekolah/Madrasah (Ya = 1, Tidak = 3) 
ii.            Program kerja Sekolah/Madrasah (Ya = 1, Tidak = 3)
iii.           Anggaran Sekolah/Madrasah (Ya = 1, Tidak = 3)

a.  Pilih kode 1 (Ya) untuk Pertanyaan 24a jika sekolah/madrasah memiliki Komite Sekolah yang sudah ditetapkan setidaknya dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah.
b.  Pertanyaan 24b merupakan peran Komite Sekolah dalam menyampaikan masukan kepada sekolah/kepala sekolah dalam hal butir 24bi, 24bii, dan 24biii.

C.        LAMPIRAN  1

Kolom
Panduan
Nama Guru
Cukup jelas
Status
Tulis kode 1 untuk Guru Tetap (PNS), kode 2 untuk Guru Tetap Yayasan (GTY) atau kode 3 untuk Guru Tidak Tetap (GTT)
Pertanyaan 11
Lihat Pertanyaan 11 dan tulis kode yang sesuai untuk SETIAP GURU
Pertanyaan 15
Lihat Pertanyaan 15 dan tulis kode yang sesuai untuk SETIAP GURU
Pertanyaan 16
Lihat Pertanyaan 16 dan tulis kode yang sesuai untuk SETIAP GURU
Pertanyaan 17
Lihat Pertanyaan 17 dan tulis kode yang sesuai untuk SETIAP GURU
Kolom
Panduan
Pertanyaan 18
Lihat Pertanyaan 18 dan tulis kode yang sesuai untuk SETIAP GURU


Berikut link download SPM dikdas


EmoticonEmoticon