Pendataan Standar Pelayanan Minimal untuk
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Umum
1. Gunakan hanya huruf besar untuk menulis teks (contoh: JAWA
TIMUR, bukan Jawa Timur)
2. Semua angka harus ditulis dengan format rata kanan (text right
align), contoh: menulis “23”
2
|
3
|
3. Tulislah yang mudah terbaca. Pastikan semua huruf dan angka
ditulis baik agar memudahkan para ‘data
entry’ mengetik secara baik dan benar.
A.
Halaman Judul
Perlu diketahui
bahwa sebagian besar informasi dapat diperoleh dari data yang ada di lembaran
sekolah sampel dan/atau dari data yang seharusnya ada di kantor Dinas Pendidikan atau Kantor Menteri Agama.
Di mana mungkin informasi ini
harusnya diisi sebelum ke lapangan dan dikonfirmasi waktu wawancara.
Provinsi :
|
Tulis
nama provinsi dan isi kode BPS dari lembaran kode.
|
Kabupaten/Kota :
|
Tulis
nama kabupaten/kota
dan isi kode BPS dari lembaran
kode
|
Kecamatan :
|
Tulis
nama Kecamatan
|
Desa/Kelurahan :
|
Tulis
nama Desa/Kelurahan
|
Daerah Terpencil :
|
Isi
kode 1 kalau sekolah berada di daerah terpencil, kalau tidak isi kode 3.
|
Nama Sekolah/Madrasah :
|
Tulis
nama Sekolah/Madrasah
|
Status Sekolah/ Madrasah :
|
Isi
kode sesuai berdasarkan lembaran sampel sekolah dari catatan kantor
dinas/kementerian kabupaten/kota
|
NPSN :
|
Isi
NPSN 8 digit untuk Sekolah/Madrasah. PASTIKAN KODE INI DIISI DIATAS
SETIAP LEMBAR KUESIONER SEBELUM MULAI WAWANCARA.
|
Alamat :
|
Tulis
alamat lengkap Sekolah/Madrasah
|
Nama Kepala Sekolah :
|
Tulis
nama Kepala Sekolah/Madrasah
|
Nomor HP/Telepon :
|
Tulis
nomor Telepon/HP Sekolah/Madrassah/Kepala Sekolah
|
Jabatan Responden :
|
Isi
kode untuk RESPONDEN UTAMA, walaupun ada orang lain yang membantu selama
wawancara. INGAT BAHWA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH yang seharusnya menjadi
responden.
|
Nama Pewawancara :
|
Tulis
nama pewawancara.
|
Tanggal Wawancara :
|
Isi
tanggal (tanggal, bulan, tahun) wawancara
|
Nama Pemeriksa :
|
Tulis
nama Pemeriksa kuesioner.
|
Tanggal Pemeriksaan
Kuesioner :
|
Isi
tanggal (tanggal, bulan, tahun) pemeriksaan kuesioner
|
B.
Kuesioner Utama
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN PANDUAN
|
1
|
Jumlah Siswa (laki-laki + perempuan) Menurut Kelas dan
Rombel (A-E)
|
a.
Pertanyaan dimaksudkan untuk memperoleh data jumlah
siswa (baik laki-laki maupun perempuan) yang terdapat dalam Rombel (Rombongan Belajar) pada kelas
1 hingga kelas 6.
b.
Isilah jumlah siswa pada tiap Rombel di kelas masing-masing pada 2 digit kotak yang disediakan ( SD/MI )
c.
Disediakan pula isian untuk a. Pagi dan b. Siang,
untuk Sekolah yang dibagi dalam 2 kelompok pembelajaran Kelas Pagi dan Kelas
Siang. Jika tidak membuka Kelas Siang, maka tidak perlu mengisi bagian b. Siang (SD/MI dan SMP/Mts)
d.
Isi Kolom Jumlah
dengan menjumlahkan siswa dalam Rombel di masing-masing kelas.(SD/MI)
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN PANDUAN
|
2
|
Jumlah
Siswa di Sekolah/ Madrasah
|
a.
Pertanyaan ini dimaksudkan untuk memperoleh data siswa
laki-laki dan perempuan untuk setiap kelas.
b.
Catat jumlah siswa laki-laki dan perempuan untuk
masing-masing kelas.
c.
Untuk kolom Jumlah, isi total jumlah siswa laki-laki +
perempuan per kelas.
|
|
3
|
Ruang
Kelas
|
a.
Pertanyaan 3 dimaksudkan untuk mengetahui kualitas
fisik sekolah
b.
Catat jumlah ruang kelas untuk setiap tingkat kelas
dalam keadaan Baik, Rusak Ringan, Rusak Sedang, atau Rusak Berat, dan Jumlah
Ruang Kelas (Pewawancara lihat keadaan ruang kelas)
|
|
4
|
Perlengkapan Ruang Kelas
a. Jumlah Kapasitas
Meja dalam Kondisi yang Baik untuk Siswa dan Guru di Kelas menurut Ruang
Kelas
b. Jumlah Kapasitas
Kursi dalam Kondisi yang Baik untuk Siswa dan Guru di Kelas menurut Ruang
Kelas
c.
Jumlah
Papan Tulis untuk Setiap Ruang Kelas
|
a.
Pertanyaan 4a dimaksudkan untuk mendata jumlah meja
dalam keadaan baik/layak pakai di setiap ruang kelas.
Catat
jumlah meja dalam keadaan baik/layak pakai yang ada di setiap ruang kelas
(A-E), dan di kolom terakhir, jumlahkan menurut kelas. (Pewawancara
lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)
b.
Pertanyaan 4b dimaksudkan untuk
mendata jumlah kursi dalam keadaan baik/layak pakai di setiap ruang kelas.
Catat
jumlah kursi dalam keadaan baik/layak pakai yang ada di setiap ruang kelas
(A-E), dan di kolom terakhir, jumlahkan menurut kelas . (Pewawancara
lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)
c.
Pertanyaan 4c dimaksudkan untuk
mendata jumlah papan tulis
Catat jumlah papan
tulis per kelas dan di kolom terakhir jumlahkan menurut Kelas. (Pewawancara
lihat kondisi dan jumlah perkengkapan)
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN
PANDUAN
|
5
|
Jumlah Pendidik & Tenaga Kependidikan.
a.
Jumlah Guru
b.
Guru Kelas menurut Status dan Kualifikasi
c.
Guru Mata Pelajaran menurut Status dan Kualifikasi
d.
Kepala Sekolah/Madrasah menurut Kualifikasi.
e.
Jumlah Tenaga
Kependidikan lainnya.
|
a.
Tulis nama dan status (Guru Tetap PNS (PNS), Guru Tetap
Yayasan (GTY) atau Guru Tidak Tetap (GTT) di Lampiran 1
b.
Catat jumlah guru di Pertanyaan 5a sesuai keterangan :
i.
Jumlah Guru Kelas (Kalau
Kepala Sekolah mengajar maka dia dihitung sebagai Guru Kelas)
ii.
Jumlah Guru Mata Pelajaran (Guru mata pelajaran termasuk guru bidang agama, oleh raga dan lain
lain)
iii.
Jumlah Guru (merupakan
penjumlahan Guru Kelas + Guru Mata Pelajaran)
c.
Catat jumlah Guru Kelas menurut Status Guru dan
Kualifikasi Akademik, Yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah Guru
Kelas di Pertanyaan 5b.
- Di setiap kolom,
Guru Kelas dibedakan menurut status: (i) Guru Tetap PNS; (ii) Guru Tetap
Yayasan; atau (iii) Guru Tidak Tetap/Honorer.
-
Untuk setiap status, catat jumlah Guru Kelas berkualifikasi
S1/D-IV atau lebih, jumlah guru yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah
Guru kelas
d.
Catat jumlah Guru Mata Pelajaran menurut Status Guru
dan Kualifikasi Akademik, Yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah Guru
Kelas di Pertanyaan 5c.
- Di setiap kolom,
Guru Mata Pelajaran dibedakan menurut status: (i) Guru Tetap PNS; (ii) Guru
Tetap Yayasan; atau (iii) Guru Tidak Tetap/Honorer.
-
Untuk setiap status, catat jumlah Guru Mata Pelajaran berkualifikasi
S1/D-IV atau lebih, jumlah guru yang Memiliki Sertifikat Pendidik, dan Jumlah
Guru Mata Pelajaran.
e. Catat kualifkasi Kepala Sekola/Madrassah
di Pertanyaan 5d
f.
Catat
jumlah
Tenaga Kependidikan Lainnya di Pertanyaan 5e. Tenaga kependidikan
yang dimaksud adalah Tenaga Administrasi, TU, Karyawan, Petugas
Kebersihan, Tenaga Perpustakaan dan Satpam
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN
PANDUAN
|
6
|
Ruang Guru, Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan Lainnya
a.
Apakah
Sekolah/Madrasah Memiliki Ruang untuk Guru, Kepala Sekolah dan Tenaga
Kependidikan seperti Tenaga Administrasi, TU dan Perpustakaan.
b. (Jika 6a = tidak) sebutkan ruang yang digunakan
c.
(Kalau 6a = Ya) Berapa jumlah Meja dan Kursi yang ada di Ruang Guru untuk
Semua Guru, Kepala Sekolah/Madrasah dan Tenaga Kependidikan?
|
a.
Pertanyaan 6a dimaksudkan untuk
menanyakan ketersediaan ruang guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan lainnya yang TERPISAH dari ruang kelas.
- Berilah jawaban Ya
(1) untuk ketersediaan ruang dan Tidak (3) untuk ketidaktersediaan ruang pada
kotak yang disediakan.
b.
Jika jawaban dari pertanyaan (6a) adalah tidak,
sebutkan dalam pertanyaan (6b) ruangan yang digunakan oleh Kepala Sekolah,
guru dan tenaga kependidikan lainnya.
c.
Catat jumlah meja (6ci) dan jumlah kursi (6cii)
yang ada di ruang guru. (Pewawancara lihat kondisi dan jumlah
perkengkapan)
|
|
7
|
Kunjungan oleh Pengawas Sekolah/Madrasah untuk
melakukan supervisi dan pembinaan.
a. Jumlah kunjungan pengawas pada tahun lalu menurut
bulan. (Isi tabel)
·
Apakah ada kunjungan setiap bulan tahun lalu? (lihat tabel di atas).
Ya = 1, Tidak = 3
b.
Durasi terlama (dalam jam)
kunjungan pengawas sekolah tahun lalu
menurut bulan (Isi tabel)
·
Apakah semua kunjungan sama atau lebih dari tiga jam
? (lihat tabel di atas).
Ya=1, Tidak=3
|
a.
Minta lihat Buku Tamu yang mencatat kunjungan Pengawas
Sekolah.
·
Berdasarkan informasi yang ada dalam Buku Tamu
tersebut, catat informasi yang diminta: Jumlah kunjungan pengawas pada tahun lalu menurut bulan.
Kalau tidak ada Buku Tamu, isi sesuai apa yang diketahui Kepala Sekolah.
·
Bila semua bulan dalam kolom tersebut memperlihatkan
minimal 1 kali Pengawas Sekolah melakukan kunjungan, maka isi 1 (Ya), tetapi
kalau ada yang kosong, isi 3 (Tidak).
b.
Isi terlama (dalam jam) kunjungan pengawas sekolah untuk setiap bulan
di tahun lalu.
·
Bila semua bulan dalam kolom tersebut terisi dengan minimal
3 jam kunjungan, maka dijawab 1 (Ya), jika ada yang kurang dari 3 (jam) isi 3
(Tidak).
|
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN
PANDUAN
|
8
|
Jumlah buku teks yang ditetapkan kelayakannya oleh
Pemerintah untuk mata pelajaran Bahasa
Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn yang dimiliki sekolah/madrasah
ini.
|
a.
Untuk setiap kelas catat
jumlah buku teks yang ditetapkan kelayakannya oleh Pemerintah untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA, IPS dan PKn, yang dimiliki oleh Sekolah/Madrasah.
b.
Pewawancara harus pastikan
bahwa buku tersebut dalam keadaan baik untuk dapat digunakan.
|
|
9
|
a. Apakah ada Buku Referensi/Rujukan (seperti
Kamus, dll) atau Buku Pelengkap Pengayaan Pelajaran? (Ya = 1, Tidak = 3)
b. (Kalau
9a = Ya) Jumlah
Judul Buku yang ada :
i.
Jumlah Buku Referensi
ii.
Jumlah Buku Pengayaan
|
a.
Pertanyaan 9a sudah cukup jelas.
b.
Di
Pertanyaan 9bi tuliskan jumlah judul buku referensi yang dimiliki oleh
sekolah/madrasah tersebut dalam 3 digit kotak yang disediakan.
c.
Di
Pertanyaan 9bii tuliskan jumlah judul buku pengayaan yang dimiliki oleh sekolah
tersebut dalam 3 digit kotak yang disediakan.
d.
Yang
perlu diingat adalah bahwa yang didata adalah jumlah judul buku, bukan jumlah
buku, karena untuk 1 judul bisa jadi sekolah memiliki lebih dari 1 buah buku
sebagai persediaan. (Pewawancara
memeriksa daftar jumlah buku dan judul buku kalau ada).
|
|
10
|
Jumlah dan kondisi alat peraga IPA yang dimiliki
sekolah/madrasah ini?
|
a.
Catat jumlah alat peraga IPA yang dimiliki Sekolah/Madrasah
tersebut dan klasifikasikan dalam kategori baik dan rusak/tidak terpakai.
b.
Kategori kondisi baik adalah alat peraga yang masih
layak dipakai dalam proses pembelajaran, serta kategori rusak adalah alat
peraga yang tidak layak dipakai untuk proses pembelajaran. (Pewawancara
lihat jumlah dan keadaan alat peraga IPA)
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN
PANDUAN
|
11
|
Rata-rata jam kerja (60 menit) setiap guru tetap, setiap minggu pada
semester lalu (termasuk jam mengajar, menyiapkan, rencana pembelajaran, memeriksa hasil evaluasi, dll.).
a.
Jumlah guru tetap yang bekerja ≥ 37,5 jam per minggu.
b. Jumlah guru tetap yang
bekerja < 37,5 jam per minggu.
|
a.
Catat data untuk SETIAP guru pada Lampiran 1 dan
jumlahkan jumlah guru tetap (Status = PNS or
GTY) yang
bekerja 37,5 jam atau lebih per minggu dan jumlah guru yang bekerja kurang
dari 37,5 jam per minggu. Pastikan bahwa jumlahnya sama dengan jumlah guru
tetap yang tercatat di pertanyaan 5
b.
Pertanyaan 10i - Catat jumlah guru
tetap yang bekerja 37,5 jam/minggu atau lebih.
c.
Pertanyaan 10ii - Catat jumlah guru
tetap yang bekerja kurang dari 37,5 jam per minggu.
|
|
12
|
Jumlah minggu mengajar efektif di sekolah/madrasah ini
selama setahun lalu? (merujuk pada
kalender akademik).
|
a.
Lihat/Aculah Kalender Akademik yang berlaku di sekolah
tsb.
b.
Catat jumlah minggu mengajar efektif di sekolah tersebut
dengan perhitungan jumlah minggu dalam setahun kalender akademik, dikurangi
waktu liburan atau kegiatan non akademik lainnya.
|
|
13
|
Jumlah jam proses
pembelajaran (60
menit) rata-rata setiap kelas per minggu.
|
a.
Waktu
yang menjadi Hak Siswa untuk mendapatkan Layanan Pendidikan di sekolah,
diperoleh dengan cara menghitung waktu saat siswa datang ke sekolah sampai
saat siswa pulang, dijumlahkan selama seminggu pembelajaran
b.
Indikator standar
menurut SPM adalah 18 jam per minggu untuk Kelas 1 dan 2, 24 jam per minggu untuk Kelas
3 dan 27 jam per minggu untuk Kelas 4, 5 dan 6..
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN
PANDUAN
|
14
|
Apakah sekolah ini sudah menerapkan kurikulum sesuai
dengan ketentuan yang berlaku? (Ya = 1, Tidak = 3).
|
a. Yang dimaksud
dengan kurikulum sesuai ketentuan yang berlaku adalah kurikulum tahun 2006
(KTSP). Karena saat ini kemendiknas menunda pemberlakuan kurikulum 2013
(diterapkan pada beberapa sekolah yang telah ditetapkan pemerintah) dan
memutuskan kembali kepada kurikulum 2006, maka selama sekolah tersebut
menerapkan kurikulum 2006 atau 2013, dapat diisi 1 (Ya).
|
|
15
|
Jumlah guru yang sudah membuat RPP berdasar silabus.
|
a.
Catat data untuk SETIAP guru pada lampiran 1 dan
jumlahkan jumlah guru yang menyusun dan
menerapkan RPP. Pastikan
angka ini meliputi SEMUA GURU, baik tetap maupun honorer
|
|
16
|
Jumlah guru yang sudah mengembangkan dan menerapkan
program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik
|
a. Catat data untuk
SETIAP guru pada Lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru yang sudah
mengembangkan program penilaian. Pastikan angka ini meliputi SEMUA GURU, baik
tetap maupun honorer.
|
|
17
|
Jumlah guru yang sudah melaporkan hasil evaluasi
pembelajaran serta hasil penilaian peserta didik kepada kepala sekolah pada
semester lalu.
|
a. Catat data untuk
SETIAP guru pada Lampiran 1 dan jumlahkan jumlah guru yang sudah melaporkan hasil evaluasi pembelajaran serta hasil
penilaian. Pastikan
angka ini meliputi SEMUA GURU, baik tetap maupun honorer.
|
|
18
|
Jumlah guru yang
disupervisi dan diberi umpan balik sebanyak 2 kali setiap semester oleh
kepala sekolah pada semester lalu.
|
a.
Catat data untuk SETIAP guru pada Lampiran 1 dan
jumlahkan jumlah guru yang menerima umpan balik
tertulis dari kepala sekolah. Pastikan angka ini meliputi SEMUA GURU,
baik tetap maupun honorer.
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN DAN
PANDUAN
|
19
|
Laporan kepala
sekolah hasil Ulangan Akhir Semester (UAS).
a. Kepada orang tua
peserta didik? (Ya = 1, Tidak =
3).
b. Kepada Dinas
Pendidikan/Kemenag (hanya rekapitulasinya)? (Ya = 1, Tidak = 3).
|
a. Pilih kode 1 (Ya) jika laporan hasil UAS di berikan
kepada orang tua siswa (Pertanyaan 19a) atau ke Dinas Pendidikan/Kamenag
(Pertanyaan 19b).
b. Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
|
|
20
|
Laporan kepala sekolah hasil Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)
a. Kepada orang tua
peserta didik? (Ya = 1, Tidak = 3)
b.
Kepada Dinas Pendidikan/Kemenag (hanya rekapitulasinya)? (Ya = 1, Tidak =
3)
|
a.
Pilih kode 1 (Ya)
jika laporan hasil UKK di berikan kepada orang tua siswa (Pertanyaan 20a)
atau ke Dinas Pendidikan/Kamenag (Pertanyaan 20b).
b.
Pewawancara harus
meminta atau melihat contoh laporan
jika tersedia
|
|
21
|
Laporan kepala
sekolah hasil Ujian Akhir (Ujian Sekolah/Ujian Nasional)
a. Kepada orang tua peserta didik? (Ya = 1, Tidak = 3)
b. Kepada Dinas Pendidikan/Kemenag (hanya rekapitulasinya)? (Ya = 1,
Tidak =3)
|
a. Pilih kode 1 (Ya) jika laporan hasil Ujian Akhir di
berikan kepada orang tua siswa (Pertanyaan 21a) atau ke Dinas Pendidikan/Kamenag
(Pertanyaan 21b).
b. Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
|
|
22
|
Sekolah/madrasah memiliki dokumen Rencana Kerja Tahunan
atau Recana Anggaran Sekolah tahun 2013/2014
(Ya
= 1, Tidak = 3)
|
a. Pilih kode 1 (Ya) jika Sekolah/Madrasah memiliki
dokumen Recana Kerja Tahun.
b. Pewawancara harus meminta atau melihat contoh laporan jika tersedia
|
Pert. No.
|
PERTANYAAN
DAN PANDUAN
|
23
|
Sekolah/Madrasah
mempunyai dokumen Laporan Tahunan, tahun
lalu (Ya = 1, Tidak = 3)
|
a.
Pilih Kode 1 (Ya)
jika Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen Laporan Tahunan untuk tahun ajaran sebelumnya.
b.
Pewawancara harus
meminta atau melihat contoh laporan
jika tersedia
|
|
24
|
Komite Sekolah
a. Apakah Komite Sekolah sudah ditetapkan? (Ya = 1, Tidak = 3)
b.
(Kalau 24a = 1) Apakah Komite Sekolah berperan aktif
dalam menyampaikan
i.
Kebijakan Sekolah/Madrasah (Ya = 1, Tidak
= 3)
ii.
Program kerja Sekolah/Madrasah (Ya = 1, Tidak
= 3)
iii.
Anggaran Sekolah/Madrasah (Ya = 1, Tidak = 3)
|
a.
Pilih kode 1 (Ya)
untuk Pertanyaan 24a jika sekolah/madrasah memiliki Komite Sekolah yang sudah ditetapkan setidaknya dengan
Surat Keputusan Kepala Sekolah.
b.
Pertanyaan 24b merupakan peran Komite Sekolah dalam menyampaikan
masukan kepada sekolah/kepala sekolah dalam hal butir 24bi, 24bii, dan 24biii.
|
C.
LAMPIRAN 1
Kolom
|
Panduan
|
Nama Guru
|
Cukup jelas
|
Status
|
Tulis kode 1 untuk Guru Tetap (PNS), kode 2 untuk Guru Tetap Yayasan (GTY) atau kode 3 untuk Guru Tidak Tetap (GTT)
|
Pertanyaan 11
|
Lihat Pertanyaan 11 dan tulis kode yang sesuai untuk SETIAP
GURU
|
Pertanyaan 15
|
Lihat Pertanyaan 15 dan tulis kode yang
sesuai untuk SETIAP GURU
|
Pertanyaan 16
|
Lihat Pertanyaan 16 dan tulis kode yang
sesuai untuk SETIAP GURU
|
Pertanyaan 17
|
Lihat Pertanyaan 17 dan tulis kode yang
sesuai untuk SETIAP GURU
|
Kolom
|
Panduan
|
Pertanyaan 18
|
Lihat Pertanyaan 18 dan tulis kode yang
sesuai untuk SETIAP GURU
|
EmoticonEmoticon