-->

Friday 20 April 2018

PETUNJUK PENGGUNAAN
APLIKASI DAPODIK PAUD
SEMESTER GENAP 2017-2018

 

Salam sejahtera bagi kita semua, perkenalkan kami "Mata OperatorSD" yang akan membantu kesuliatn anda para Operator Sekolah yang kesulitan dalam pengerjaan DapodikPaud versi 3.2.1. kami akan kupas tuntas tentang yang berkaitan dengan DapodikPaud terutama pada versi 3.2.1.

Didalam DapodikPaud versi 3.2.1 banyak hal yang nantinya berbeda denga versi sebelumnya, maka dari itu ikuti terus petualangan penelusuran DapodikPaud bersama "Mata OperatorSD" yang beralamatkan:  https://mataoperatorsd.blogspot.co.id/ .Aplikasi Dapodik PAUD adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas lembaga pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembahasan perdana 

Peran Pengguna Aplikasi

Beberapa peran terkait Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas seperti berikut:

  1. Peran Kepala Sekolah adalah sebagai pembagi kegiatan mengajar guru disetiap rombel (roaster), mengawasi operator lembaga dalam pengisian aplikasi.
  2. Peran PTK adalah selain sebagai pengajar dan pelaksana, juga bertugas untuk mengisi formulir individual PTK dan memeriksa kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri oleh operator.
  3. Peran Peserta Didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secara lengkap.

Peran Operator Lembaga adalah: 
  1. Menyebarkan formulir pendataan kepada Lembaga, PTK dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk dientri kedalam aplikasi.
  2. Menginput data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan.
  3. Mengirim data ke server melalui aplikasi.

 

Spesifikasi Minimal Sistem Operasi (Operating System)

Untuk menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD, spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah: 

Operating Sistem
a) Windows XP SP 3
b) Windows Vista
c) Windows 7 32 & 64 Bit
d) Windows 8 32 & 64 Bit
e) Windows 8.1 32 & 64 Bit

Browser
a) Google Chrome (Sangat Disarankan dan Bersih dari plugins-plugins)
b) Mozila Firefox
c) Safari

 Langkah-Langkah Installasi

Aplikasi dapat di download melalui website https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ Perlu diperhatikan, jika belum pernah installasi Aplikasi Dapodik PAUD maka gunakan cara installasi aplikasi, Jika sebelumnya sudah pernah installasi aplikasi dan sudah ada di PC atau Laptop, maka diharuskan melakukan penghapusan Aplikasi Dapodik PAUD versi sebelumnya karena versi 3.2.1 ini berupa installer maka versi lama harus dihapus terlebih dahulu.

Juga bisa Download digambar bawah ini

https://drive.google.com/open?id=1qz0lXiqbJYb-X-NAC9Gkxwcaw2kqvgV3 

Installasi Aplikasi

Berikut adalah langkah – langkah memasang (instalasi) aplikasi. Disarankan menggunakan 1 PC atau laptop khusus dalam melakukan pengisian data Dapodik. Klik dua kali pada instalasi aplikasi, setelah unduhan selesai. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Pastikan dalam komputer tidak ada lagi folder “dapopaud” semester sebelumnya, jika masih ada, silahkan delete terlebih dahulu file tersebut.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi. Setelah itu langkah selanjutnya kita akan memilih apakah kita setuju Aplikasi Dapodik PAUD ini kita install pada laptop/komputer kita?? Jika iya maka pilih [Saya Setuju].

Bacalah dengan seksama sebelum menginstal atau menggunakan perangkat lunak ini. Kemudian, tekan tombol [Saya Setuju] yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik [Lanjut >]. Atau tekan tombol [Batal] jika Anda tidak setuju.
Selanjutnya pilih tempat penyimpanan Aplikasi Dapodik PAUD yang akan kita instalkan pada laptop/komputer. Disarankan menyimpan pada folder C sehingga nanti tidak terlalu pusing dalam melakukan pengaturan. Kemudian kita pilih tombol [Lanjutkan >] untuk menyimpan file dalam default / setingan awal.

 

  • Kemudian sistem akan membuat folder pada Start Menu dengan nama Dapopaud 2018
  • Kemudian tekan tombol [Pasang] untuk memasang (install) aplikasi dalam komputer
  • Setelah proses pemasangan aplikasi selesai, klik [Lanjut >] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Paud selesai.
  • Kemudian sistem akan meminta anda untuk memasang aplikasi Java Setup yang berfungsi sebagai pelengkap aplikasi Dapodik PAUD, silahkan tekan tombol [Install >]

 
Tunggu sampai sistem selesai melakukan instalasi seperti gambar 8 dibawah ini, setelah itu Klik tombol [Selesai] untuk menutup program instalasi

Registrasi
Registrasi adalah proses awal yang harus dilakukan Operator Sekolah sebelum melakukan pendataan Dapodik, Setelah terpasang aplikasi Dapodik kemudian membuka program aplikasi, akan muncul tampilan gambar seperti dibawah ini.

Selanjutnya Operator Sekolah melakukan proses registrasi, dengan cara menekan tombol Registrasi seperti pada gambar diatas.
Kolom yang harus diisikan pada saat mengisi registrasi:
1. Nama * > diisikan nama lengkap operator sekolah
2. Username * > diisikan dengan alamat email lembaga/operator
3. Nomor Hp * > diisikan nomor telepon seluler operator
4. No telepon * > diisikan dengan no telepon lembaga atau kalau tidak punya bisa diisikan dengan no telepon kepala sekolah
5. Password * > diisikan password untuk masuk ke dalam aplikasi
6. Konfirmasi Password * > diisikan ulang password yang sudah diisi dikota sebelumnya.
7. Yahoo Messanger > Diisikan jika memiliki akun pada Yahoo Messanger
8. Skype > Diisikan jika memiliki akun pada Skype
9. Kode Registrasi * > Kode unik yang digunakan untuk membuka aplikasi Dapodik PAUD

Keterangan:
Pada kolom yang ada tanda bintang (*) maka wajib/harus dientri/masukan datanya. Selanjutnya tekan tombol [Simpan]

 

Setelah berhasil registrasi langkah selanjutnya kita masuk ke dalam aplikasi. Pada kolom username kita isikan email operator, kemudian password yang sudah kita daftarkan pada saat registrasi. Kemudian pilih tahun ajaran saat ini (2017/2018 Genap) seperti gambar dibawah ini. selanjutnya tekan tombol [Masuk]

 

 

 Demikianlah Tutorial kami Dapodik Paud versi 3.2.1, semoga bermanfaat untuk Operator Sekolah semua


SELAMAT BEKERJA................!!!!!


 

 


EmoticonEmoticon