-->

Friday 20 April 2018

Assalamualaikum Wr…… Wb……….

Salam sejahtera bagi kita semua, Operator Sekolah Seluru Nusantara, dari Sabang sampai Meraoke. Bertemu lagi dengan kami Mata Operator http://mataoperatorsd.blogspot.com disini kami akan mengupas sedikit tentang apa yang di maksud dengan dapodikdas versi 2018.b tidak jauh beda dengan daopdikdas versi sebelumnya. Mari sekarang kita belajar mengerti tentang apa itu dapodik, sementara kita tinggalkan membahas tentang versi dapodik.

Operator Sekolah
Dapodik yang sering kita kerjakan itu banyak hal yang mungkin belum saudaraku Operator Sekolah yang belum mengerti hakekat dari dapodik, apalagi bagi saudaraku Operator Sekolah Pemula yang notabennya belum mengerti pekerjaan Operator Sekolah. Kalau dilihar sih mejadi Operator Sekolah sangatlah Kern, Gaul, Pintar, Berpengaruh dilembaganya, dll. Semua itu salah besar.
Tugas Operator Sekolah sangatlah berat. Mulai dari “waktu, pikiran, tenaga” bahkan materipun juga. Terkuras habis semuanya. Belum lagi pekerjaan dadakan yang biasanya tugas dapet jam 09.00 wib disuruh mengumpulkan jam 11.00 wib HEEEDDDEEEEHHH……….!!!!!

Tetapi jangan khawatir untuk para Operator pemula, disini kami menyediakan berbagai Tutorial Dapodik. Hari ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengintal Dapodik versi 2018.b dengan benar.

Dapodik

Perlu diketahui banyak yang berkaitan dengan Dapodik / data yang secara otomatis terhubung dengan Dapodik, menurt pengertian kami Dapodik berkaitan dengan Data Sekolah, Data PTK, Data Siswa, Data Bantuan. Maka dari itu dalam pengimputan data diharapkan data yang sebenarnya atau data yang sesungguhnya. Supaya tidak kerja dua kali, walaupun disediakan VervalPD, VervalSP, VervalSDM semua itu dipergunakan pada saat data yang terdapat dalam Dapodik mengalami kesalahan atau ketidak sesuaian dengan data yang terdapat pada data sebenarnya.

Setelah mengetahui hubungan Dapodik mari sekarang kita belajar cara mengoprasikan Dapodik secara benar dan secara runtut. Tapi sebelum melakukan pengerjaan Dapodik kita harus menginstal terlebih dahulu Dapodik versi 2018.b mari kita lakukan pengerjaannya :

 

INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN

Persiapan Instalasi

a.    Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan



Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, petugas pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan akun Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.


b. Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
2) Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodikdasmen Versi 2018.b seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop. 

 

 c. Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.

Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah pengguna berhasil login menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

 

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:

1) Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
2) Pilih menu Data Prefill.
3) Pilih jenjang yang sesuai.
4) Masukkan username, password, dan kode registrasi. 
 


5) Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate”. Tunggu proses generate selesai.
6) Setelah proses generate prefill selesai
7) Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”. 

d. Pengaturan Waktu pada Komputer

Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1) Klik waktu yang terdapat di taskbar (pojok kanan bawah), lalu klik “Date and time settings”.

2) Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu saat ini.

3) Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih adalah zona waktu yang sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

 

e. Program Pengamanan dinonaktifkan

Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:

1) Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
2) Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivir harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan adalah Windows Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini dapat diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.
3) Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan. Cara menonaktifkannya adalah: 

 

 

Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik

1) Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya.

https://drive.google.com/open?id=1QAr0gcbbQUBoTB6FKEC9rElvl4dZv6I1

2) Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”.
3) Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.





4) Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”.
5) Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
6) Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
7) Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.
8) Proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen sedang berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.
9) Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodikdasmen, klik “Selesai”.
10) Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon Aplikasi Dapodikdasmen di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.





Daftar Perubahan

 Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b:
1. [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
2. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun status kepegawaian sebagai GTY
3. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
4. [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada di sekolah non induk
5. [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA dan SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
6. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
7. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
8. [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
9. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada PTK
10. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada Peserta Didik
11. [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
12. [Pembaruan] Perubahan menu utama
13. [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
14. [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik
15. [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait profil guru dan tendik
16. [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
17. [Pembaruan] Penambahan fitur perubahan kop sekolah
18. [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
19. [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian dan penyempurnaan fitur penginputan nilai
20. [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
21. [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
22. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
23. [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombel praktik untuk jenjang SMK


SELAMAT MENGERJAKAN..............!!!😀




EmoticonEmoticon