PANDUAN PENGGUNAANAPLIKASI DAFTAR HADIR GURU DANTENAGA KEPENDIDIKAN(DHGTK)
UNTUK TINGKAT SEKOLAH
- PAUD/TK
- SD/SDLB
- SMP/SMPLB
- SMA
- SMK
Pengertian DHGTK
Assalamualaikum Wr…… Wb……
#Salam Satu Data
#Salam Secangkir Kopi
Semoga Operator Sekolah se-Indonesia senantiasa dalam
lindunganNYA amin……. dan juga selalu diberi kesehatan serta rejeki yang
melimpah Amin…….Kita berjumpa lagi saudaraku bersama “Mata
OperatorSD” senang sekali dapat berjumpa dengan kalian semua dan
belajar bersama untuk kemajuan serta keakuratan data Pendidikan guna untuk
kemajuan Pendidikan di Indonesia, mulai dari hari kehari kami selalu meluangkan
waktu untuk belajar bersama dengan saudaraku Operator Sekolah dari Operator PAUD/TK,SD/MI,SMP,SMA/SMK
guna untuk menambah ilmu yang bermanfaat.
Penjelasan Aplikasi
Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan
merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga
kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia.
Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan
internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat
dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.
Untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua
user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :
1. Login
dengan userid kepala sekolah
2. Login dengan userid operator dapodik
Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data
dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)
Perubahan
userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah
masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik
akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah
dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua)
hari berhasil syncron.
Dalam Aplikasi DHGTK terdapat tiga menu utama yaitu (1).
Beranda; (2). Kehadiran; (3). Keluar Aplikasi. Seprti gambar dibawah ini :
Beranda
Pada menu beranda terdapat
sub menu yaitu :
a. Profil sekolah (1)
b. Data Pengguna (2)
c.
Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesduah terbit SKTP (3)
Kehadiran
Pada menu Kehadiran
terdapat sub menu meliputi :
a. Data Sekolah (1)
b. Data Guru Dan tenaga
Kependidikan (GTK) (2)
c.
Tampilan informasi Kehadiran (3)
Dibawah Menu “Data sekolah” disajikan (1) Profil Sekolah dan (2)
Kalender Sekolah, seperti gambar dibawah ini :
Menu ini digunakan jika pengerjaan atau mengisi
kehadiran GTK telah selesai, sehingga untuk keluar dari aplikasi maka tinggal
klik tombol “Keluar dari Aplikasi”
Peran dan Tangggung Jawab
- Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online
- Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
- Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
- Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK
- Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK
- Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari
Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang
dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga
Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah
seharusnya segera untuk:
Petugas Absen
(Operator/Petugas Khusus)
Peran dan tanggung jawab dari petugas absen adalah sebagai berikut
:
- Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
- Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
- Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
- Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK
Alamat DHGTK
Laman
DHGTK yang digunakan adalah sebagai berikut :
http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
http://223.27.144.195:2017/index.php
Login Kepala Sekolah
Setelah
Mengunjungi alamat di atas maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah
ini. Lalu Kepala Sekolah segera melakukan login dengan cara mengklik “LOGIN
SEKOLAH”
Perhatikan gambar di atas. Tulisan “Login Sekolah” maka akan otomatis
menuju ke laman LOGIN seperti dibawah ini :
- Ketik NPSN Sekolah anda______Contoh ; 12345678
- Masukan userid Kepala sekolah yang sudah terinput di Aplikasi Dapodik___Contoh: aaaaaabbbb@gmail.com
- Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik______Contoh : ********
- Masukan kode sesuai yang tertulis
- Kemudian Klik “LOGIN” Pada saat akan Login maka yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut. :
Setelah
berhasil login maka akan bertemu dengan visual seperti gambar di bawah ini.
Pada visual ini meliputi beberapa fitur meliputi :
1. Beranda
2. Kehadiran
3. Keluar Aplikasi
4. Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP
Pada Menu Beranda tedapat sub menu :
- Profil Sekolah
- Kunci dan Buat SPTJM
- Data Pengguna
Untuk bisa membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN : setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini .
Misalnya
membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai
berikut.
1. Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
2. Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai
Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya.
Tahapan berikutnya Klik Simpan
dan Ok. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut
3. Jika mau membuat kalender
sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
4. Pada pembuatan kalender ada
perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari
masing-masing tab tersebut adalah:
Tambah baru → untuk membuat kalender yang
baru.
Hapus semua → untuk menghapus seluruh
kalender sekolah yang telah dibuat.
5. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota
6.
Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ saat
mengisi kehadiran
Mengisi kehadiran
Klik Menu “Kehadiran”
1. Langsung
menuju ke informasi kehadiran
2. Pilih
semester yang berjalan
Setelah di pilih maka tentukan semester yang berjalan. Ada dua
istilah dalam semester ini :
- 20171 (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
- 20172 (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
- Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan. Karena jika bulan yang dipilih bukan bulan yang berjalan maka hasil pengsiannya tidak tersimpan. Jika memilih bulanJanuari maka akan tampil
4.
Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat
daftar hadir.
- Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi seprti ini
- Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi seprti ini
Setelah muncul notif seperti gambar di atas maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh. Seperti pada gambar di bawah ini..
Demikianlah penjelasan dari kami dan mohon maaf kalau penjelasan kami belum memuaskan. Mungkin karena keterbatasan kami dalam belajar.
Kami menyertakan buku panduan yang lengkap beserta kalender pendidikan sekalian
Langsung Download disini
SELAMAT BEKERJA DAN SEMOGA SUKSES......
EmoticonEmoticon